Selasa, 28 Juni 2011

Fun Bike: Asal Muasal Hoby


Sudah tiga minggu ini aku keranjingan ama yang namanya sepedaan, fun bike, onthel ato apalah namanya itu. Awalnya sih karena sedikit terpaksa, gara-gara Skadron Udara 8 mengadakan sepeda santai dalam rangka HUT Skadron Udara 8, kemudian Wira Club Lanud Atang Sendjaja mewajibkan anggotanya untuk memeriahkan  acara tersebut.
Sebenarnya demam bersepeda ini sudah cukup lama ada di Bogor, tapi terus terang aku sama sekali ga minat, atau lebih tepatnya, sudah bosan. Bayangin aja, dari SD, SMP sampe SMA aku tiap hari harus bersepeda dari rumah sampek sekolah. Ga tanggung-tanggung, jarak yang harus kutempuh sekitar 30 Km tiap pagi dan siang. Mungkin anda-anda bertanya, kenapa begitu jauh? apakah rumah saya begitu "ndeso" nya sampe ga ada sekolahan yang deket rumah saya? Dengan sedikit malu saya sampaikan anda tidak sepenuhnya salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Intinya adalah sebenarnya ada sekolah yang deket-deket rumah ane, tapi berhubung selera saya ga sembarangan, jadinya harus memilih sekolah yang sesuai dengan kriteria saya, hehehehe. Resikonya ya itu tadi, aku harus rela mengayuh sepeda onthel saya tiap pagi dan siang demi menuntut ilmu, ce'ile.
Back to topic, masih ingat hari itu Sabtu, 11 Juni 2011, informasi tentang acara fun bike esok hari membuatku harus menggaruk-garuk rambutku yang sudah tinggal sedikit ini. Bukannya aku malas olah raga ato takut kulitku yang sehalus kulit bayi ini akan gosong terpanggang matahari, namun ada satu masalah yang lumayan mengganjal, aku ga punya sepeda...!!! Pinjem kemana ya? Ga lucu donk, Ekvan yang gagah perkasa harus pinjem sepedanya loper koran. Bisa turun grade nih. Belum lagi resiko fans club gw yang mengultimatum akan demo besar2an kalo sampe ane tampil seadanya dan memalukan KFC (Kawoel Fans Club).
Beruntung, setelah berusaha nyari pinjaman kesana kemari, Pak Ating, penjaga STM bersedia mengikhlaskan sepedanya buat aku pake.
"Masih bagus pak sepeda saya, tinggal ganti rantai, ban ama pelek depan belakang, udah sip dah"
Gubrag....!!! hebat amat nih Pak Ating, asas manfaatnya tinggi banget. Dengan penuh penyesalan akhirnya saya tolak tawaran beliau (maaf ya pak, bukannya ga mampu mbetulin sepeda, tetapi mendingan duitnya ane pake beli pampersnya anakku).
Di tengah keputus asaan, akhirnya muncullah titik terang. Bermula dari keluh kesah saya sore itu saat ngobrol dengan rekan-rekan guru SMK Penerbangan, akhirnya Bapak H. Thoyib (Wakasek Bidang Kurikulum) yang baik hati dan tidak sombong serta rajin menabung, memberikan solusi brillian
"Pak Ekvan pake aja sepeda saya, daripada nganggur di rumah"
"Emm, masih bagus gak pak, sepedanya?" aku bertanya sedikit khawatir, jangan-jangan karena sudah lama ga dipake, sepedanya butuh perbaikan melebihi sepedanya Pak Ating.
"Ya, liat aja sendiri" Pak Haji malah menjawab dengan penuh misteri.
Singkat kata, akhirnya aku ambil sepeda di rumah pak haji, hmm, lumayanlah, ga jelek-jelek amat, setidaknya ga perlu ganti ban depan belakang sama rantai hahaha.
Keesokan harinya, dengan gagah perkasa, penuh percaya diri aku bergabung dengan rekan-rekan lainnya di shelter Skadron Udara 8. Wahhh, betul-betul luar biasa animo orang-orang ini. Ada yang bergaya bak atlit nasional, tapi ada juga yang pede dengan gaya sepeda jadul lengkap dengan atribut pejuangnya, pokoknya surprise banget dah. Dan setelah acara sepedaan dimulai, aku bertambah semangat dan semakin jatuh cinta dengan fun bike. Rame-rame ngayuh sepeda, menguasai jalan raya, berkeringat, hmm, klo orang-orang bilang macho banget dah.
Pulang dari acara tersebut, walau biji peler gw sakit kena sadel yang ukurannya kecil banget, ditambah kulit gw sedikit (semakin) gosong, tapi hati dan jiwa gw semangat abis. Aku berjanji akan rutin bersepeda, dan yang paling penting, beli sepeda sendiri....

Tidak ada komentar: