Rabu, 13 Juli 2011

Yuna, Kekasihku di dunia Game


Buat kalangan penggemar Final Fantasy X, gambar diatas tentunya tidak asing lagi. Ya, Yuna, adalah salah satu tokoh utama dalam game PS2 tersebut. Bagiku, Yuna bukan hanya tokoh anime yang membantu Tidus (tokoh utama FFX) menyelesaikan misinya, namun juga seorang figur (walaupun tak nyata) yang sering aku lamunkan? Suer, aku aja juga kadang heran, masa iya aku bisa naksir sama tokoh fiksi yang ga mungkin ada, tapi, begitulah adanya.

Sebelum membahas Yuna, sedikit saya akan bercerita tentang game dimana Yuna ini muncul dan menghipnotisku, yaitu di Final Fantasy X.   
 

Final Fantasy X ( bahasa jepangnya ファイナルファンタジーX Fainaru Fantajī Ten) adalah judul kesepuluh seri permainan RPG (Role Playing Game) dan permainan pertama dalam seri ini yang dirilis untuk PlayStation 2. Saat diluncurkan pada tahun 2001, ia masuk dalam daftar dua puluh permainan paling laris sepanjang masa, dan telah menjual lebih dari 7,75 juta unit di seluruh dunia. Mengambil tempat di sebuah dunia khayalan bernama Spira, cerita permainan ini berfokus pada sekelompok petualang dan misinya dalam mengalahkan sebuah kekuatan yang menghancurkan, yang dikenal sebagai "Sin".

 
 Tidus ("Tiida" dalam versi Jepang) merupakan tokoh utama dan hero dari Final Fantasy X. Menurut cerita game ini, ia berasal dari Kota Zanarkand 1000 tahun yang lalu dan merupakan pemain blitzball (sebuah olah raga tenar saat iru, bentuk permainannya seperti polo air) dari klub Zanarkand Abes. Tidus adalah anak semata wayang dari pemain legenda blitzball, Jecht. Di pertengahan turnamen blitzball (Jecht's Memorial Cup) dan ketika Tidus bersiap melakukan tendangan khususnya, Sin muncul dan menghacurkan Zanarkand. Tidus kemudian terlempar ke Kota Spira namun 1000 tahun yang akan datang (dengan bantuan Auron).

 Di Spira, Tidus bertemu dengan Rikku, seorang gadis manis dari ras Al-Bhed. Dari Rikku, Tidus mengetahui bahwa Zanarkand sudah hancur 1000 tahun yang lalu. Rikku kemudian menjelaskan sekilas mengenai Sin. Namun sebuah peristiwa memisahkan Tidus dengan Rikku. Orang selanjutnya yang ditemui oleh Tidus adalah Wakka, kapten dari team blitzball Aurochs. Tidus kemudian mengatakan bahwa dia terkena racun Sin sehingga mengalami amnesia, walaupun hal ini sama sekali tidak benar tapi ini hanya merupakan alasan Tidus agar tidak dicap sebagai orang sinting.


Petualangan Tidus baru benar-benar dimulai ketika ia bertemu dengan Yuna, seorang Summoner, bersama dua guardiannya, Lulu dan Kimahri. Summoner adalah pendeta, dia bisa mensummon atau memanggil hewan ghaib untuk dimintai bantuannya dalam pertempuran. Pada awalnya Tidus diseret oleh Wakka ke Luca untuk mencari orang yang dikenal atau mengenalinya tapi malahan dia terlibat lebih dalam dan jauh serta sukses membuat Yuna jatuh cinta padanya. Suit suit...

Tidus kembali bertemu Auron di Luca dan kemudian Auron mengatakan bahwa Sin saat ini adalah Jecht, ayah Tidus sendiri. Tidus kemudian menjadi salah satu guardian Yuna dan akhirnya mengikuti petualangan Yuna dalam mengungkap kebenaran mengenai Sin itu sendiri serta makna dari aliran Yevon

Back to topic, kenapa bisa ya aku tergila-gila sama tokoh khayalan seperti itu. Saat itu tahun 2002, aku masih di Yogyakarta dan sedang berada di tingkat dua Akademi Angkatan Udara. Setiap pesiar, pekerjaan rutinku adalah bermain PS di rental PS dekat cx point ato kost2anku. Awalnya aku hobi main Final FantasyVIII di PS 1. Trus sama Mas Aryo, pemilik rental, aku ditawarin untuk main FFX di PS2. Sekali mencoba, aku langsung jatuh cinta pada game ini.

Game ini uniknya diantara permainan yang kita kendalikan pake Stick PS, ada cut scene, yaitu potongan film pendek yang menceritakan alur game tersebut. Inilah yang membuat aku betul2 kesengsem sama Yuna, pembuat karakter ini benar2 hebat sampai bisa menghidupkan satu tokoh seperti benar2 manusia asli.

Sampai saat ini di rumah masih terpasang dengan gagah sebuah poster berukuran besar berbingkai rapi. Apalagi isinya kalau bukan sang kekasihku yang ada di dalamnya.

  nNi foto doi, tepat di belakang PC di rumahku

selain itu, ini ada beberapa koleksi foto doi di HDku, cx it out guys

 Ini pict sama dengan poster yang ada di rumah

 Ini juga salah satu pict favoritku, aplg videonya, keren abis

 Ini foto dpt pas browsing, mirip ga sih sama Yuna?

 Mantab surantab khan.....


3 komentar:

Mia Herminingtyas mengatakan...

woi pak jendral aku follow balik ya...chayoo ayo semangat nulis blog!! sip..

Unknown mengatakan...

Makasih mbakyu. Tetap semangat juga ya

Sasmi mengatakan...

Waaa, Yuna~

Suka FFX juga y!?
Di FF cewek favoritku juga Yuna, tp bukan Yuna FFX-2~